Psikologi menyebut komunikasi pada
penyampaian energi dari alat-alat indera ke otak, pada peristiwa penerimaan dan
pengolahan informasi, pada proses saling pengaruh diantara berbagai system
dalam diri organisme dan diantara organisme.
Psikologi juga meneliti kesadaran
yang meyebabkan terjadinya perilaku manusia dan mencoba menyimpulkan proses
kesadaran yang menyebabkan terjadinya perilaku itu. Bila sosiologi melihat
komunikasi pada interaksi sosial, filsafat pada hubungan manusia dengan
realitas lainnya, psikologi pada perilaku individu komunikan
A.
Sistem Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi intrapersonal
menguraikan bagaimana orang menerima, menyimpannya dan menghasilkannya kembali.
Komunikasi intrapersonal (Proses
pengolahan informasi)meliputi sensasi, persepsi, memori, dan berfikir. Sensasi
adalah proses menangkap stimuli. Persepsi ialah proses memberi makna pada
sensasisehingga manusia memperopleh pengetahuan baru, dengan kata lain persepsi
men gubah snsasi menjadi informasi. Memori adalah proses menyimpan informasi
dan memanggilnya kembali. Sedangkan berfikir adalah mengolah dan memanipulasi
informasi untuk memenuhi kebutuhan atau memberikan respons.
B. System komunikasi
interpersonal
System komunikasi interpersonal akan
dijmulai dengan pembahasan tentang factor-faktor personal dan situasional yang
mempengaruhi persepsi kita tentang orang lain. Juga membicarakan konsep diri, atraksi
interpersonal dan hubungan interpersonal.
1. pengaruh factor-faktor
situasional pada persepsi interpersonal
- Deskripsi
verbal yaitu, bagaimana rangkaian kata sifat menentukan persepsi orang
- Petunjuk
proksemik yaitu studi tentang penggunaan jarak dalam menyampaikan pesan.
- Petunjuk
kinesik yitu petunjuk pada persepsi yang di dasarkan pada gerakan orang
lain.
- Petunjuk
wajah, yang menimbulkan persepsi yang bias diandalkan.
- Petunjuk
paralinguistic yaitu cara bagaimana orang mengucapkan lambing-lambang
verbal.petunjuk artifaktual, meliputi segala macam penampilan
2. pengaruh factor-faktor
personal pada persepsi interpersonal
- pengalaman
- motivasi
- kepribadian
3. propses pembentukan pesan
- stereotyping,
men jelaskan tetntang terjadinya primacy effect dan halo effect
- implicit
personality theory, yaitu teori yang tiadak pernah dinyatakan.
- Atribusi
adalah prosesmenyimpulkan motif, maksud, dan karakteristik orang lain
dengan melihat pada perilakunya yang tampak.
4. proses pengolahan kesan
yaitu
dengan membicarakan bagaimana kecermatan persepsi interpersonal dimudahkan oleh
opetunjuk-petunjuk verbal dan non verbal, dan dipersulit oleh factor-faktor
personal pada penanggap.
C. Psikologi pesan
Manusia mengucapkan kata-kata dan kalimat dengan cara-cara tertentu.
Setiap cara berkata memberikan maksud tersendiri (pesan paralinguistic). Tetapi
manusia juga menyampaikan pesan dengan cara-cara lain selain dengan bahasa,
misalnya dengan isyarat (pasan ekstralinguistik)
1. pesan linguistic
pesan linguistic menjelaskan; bagaimana
kita dapat berbahasa, (menurut teori belajar, anak-anak memperoleh pengetahuan
bahasa melalui tiga proses yaitu, asosiasi, imitasi, dan peneguhan. Asosiasi
bearti melazimkan suatu bunyi dengan objek tertentu. Imitasi beartimenirukan
pengucapan dan strukturkalimat yang didengarnya. Peneguhan dimaksudkan sebagai
ungkapan kagambiraanyang dinyatakan ketika anak mengucapkan kata-kata dengan
benar), bahasa dan proses berfikir (secara singkat dapat disimpulkan bahwa
pandangan seseorang tentang dunia dibentuk oleh bahasa, dan krena bahasa
berbeda, pandangan kita tentang dunia juga berbeda), kata-kata dan makna (dalam
tilikan psikologi, makna tidak terletak pada kata-kata, tetapi pada pikiran
orang, pada persepsinya. Makna terbentuk karena pengalaman individu.
2. pesan non verbal
fungsi
pesan non verbal:
a.
repetisi
yaitu, mengulang kembali gagasan yang sudah disajikan secara verbal
b.
substitusi
yaitu, menggantikan lambing-lambang verbal
c.
kontradiksi
yaitu, menolak pesan verbal atau memberikan makna lain pada pesan verbal
d.
komplemen
yaitu, melengkapi dan memperkaya makna pesan verbal
e.
aksentuasi
yaitu, menegaskan pesan-pesan verbal
macam-macam pesan non verbal:
a.
kinesik
yaitu gerak sebagian anggota tubuh
b.
paralinguistic
(suara)
c.
proksemik
yaitu gerakan semua anggota tubuh
d.
penciuman
atau olfaksi
e.
sentifitas kulit
f.
artifactual (pakaian dan kosmetik)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar