Mp3 Player

Jumat, 18 November 2011

Smart Card


Pengertian Smart Card
Smart card sering disebut sebagai chip card atau integrated circuit (IC) card . Definisi chip card sendiri yaitu kategori umum yang mencakup smart card dan memory card . Smart card adalah plastic card yang mengandung memory chip dan microprocessor. Kartu ini bisa menambah, menghapus, mengubah informasi yang terkandung.

Macam-macam Smart Card
1. Memory Card
Kartu ini hanya mengandung memory circuit yang dapat diakses melalui kontak dengan synchronous protocol.
2. Microprocessor Card
Smart card ini mempunyai memory circuit dan microprocessor dalam satu chip. Semua akses ke kartu akan melalui microprocessor. Datanya sendiri baru bisa diakses jika telah melewati semacam security logic.
3. Contact Card
Kartu ini adalah smart card yang mempunyai contact chip. Kartu ini harus dimasukkan ke reader untuk melakukan transaksi atau menyampaikan informasi dari kartu ke reader.
4. Contactless Card
Kartu ini adalah jenis smart card yang menggunakan frekuensi radio (RF) untuk bertukar informasi. Jadi kartu ini tidak perlu kontak fisik ke reader/terminal untuk bertukar informasi.
5. Hybrid Card
Smart card yang menggunakan dua teknologi yang ada di contact card dan contactless card. Sehingga terdapat alat contact dan antena dalam satu kartu. Kartunya sendiri ada yang menggunakan satu microprocesor dan ada juga yang menggunakan dua microprocessor.
6. Subscriber Identity Module (SIM) Card
Smart card kecil dan dapat diprogram berisi kunci identitas subscriber ke layanan selular. Kunci ini digunakan untuk identitas ke digital mobile service dan jenis layanan yang dipakai.
7. Removable User Identity Modul (R-UIM) Card
Smart card yang fungsinya sama dengan SIM card tetapi untuk telepon dengan teknologi CDMA. Kartu ini memungkinkan komunikasi antar kedua jaringan.
8. Universal subscriber Identity Module (USIM) Card
Pengembangan dari SIM card yang akan digunakan di teknologi jaringan 3G. Kartu ini akan dimasukan di peralatan 3G dan digunakan untuk otentifikasi jaringan dan fungsi lainnya

Keuntungan dan Kerugian Pengguaan Smart Card
- Keuntungan
Kartu ini mempunyai data yang langsung terdapat pada kartu itu tersebut, tanpa harus menggunakan koneksi online di setiap reader.
Kartu jenis Smart Card mempunyai memory yang lebih besar daripada kartu pengenalan pada umumnya.
Smart Card ini dapat memiliki lebih dari satu fungsi, misalnya sebagai kartu telepon dan juga sebagai kartu alat pembayaran.
- Kerugian
Kartu ini mudah rusak dikarenakan tempat penyimpanannya yang pada umumnya meningkatkan risiko rusak dari kartu tersebut
Informasi yang terdapat di dalam kartu dapat diakses oleh developer penyedia layanan Smart Card, sehingga data atau informasi dari pengguna kartu dapat dipantau oleh orang lain.
Dengan adanya teknologi yang cukup canggih, maka diperlukan juga biaya yang cukup tinggi juga untuk menerapkan aplikasinya.


http://smart-card-flazz-indo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar