Mp3 Player

Kamis, 17 November 2011

Cyber Public Relations (e-PR)


Public Relations atau PR, bekerja dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen, karena PR adalah fungsi manajemen. PR sangat dibutuhkan suatu perusahaan atau organisasi untuk menciptakan trust dimata publik, baik itu publik internal maupun eksternal. Jadi PR harus berusaha semaksimal mungkin menjembatani antara kepentingan perusahaan tersebut dengan kepentingan publik.

Seorang PR diharapkan bisa melakukan pencitraan yang baik dan mempertahankan citra tersebut. Jika perusahaan atau organisasinya mendapatkan terpaan isu yang bisa sangat membahayakan, maka seorang PR harus bisa mengatasinya dengan langkah-langkah yang tepat. PR tidak seharusnya melawan isu-isu tersebut dan menyerang balik pihak yang menghadirkan isu. Tetapi lebih tepat jika PR menggandeng pihak tersebut dan membicarakan baik-baik solusi apa yang diinginkan kedua belah pihak. Dengan begini usaha pencitraan seorang PR akan lebih efektif.


Banyak hal yang harus dilakukan seorang PR untuk strategi komunikasi. Saat ini yang sedang in dilakukan adalah melalui internet. hal ini dikenal dengan nama cyber public relation atau e-pr.

Kegiatan e-pr melalui internet antara lain komunikasi melalui email, membuat website perusahaan, atau memasang iklan tentang perusahaannya di situs-situs internet. Manfaat e-pr antara lain, dapat menjalin hubungan yang baik dengan berbagai media melalui media center online, dapat membangun digital brand images, dapat digunakan sebagai sarana komunikasi mitra bisnis internasional dengan biaya yang relatif minim, hal ini tidak mudah dilakukan di PR konvensional, feedback dapat langsung diperoleh dari publik, dan dapat langsung memperoleh keinginan-keinginan publik tanpa harus menebak dan melakukan riset.

Dalam era globalisasi sekarang ini internet sangat berpengaruh dan memegang peranan penting di masyarakat. Oleh karena itu strategi e-pr ini merupakan salah satu strategi yang efektif. Jadi banyak praktisi PR, berbicara atas nama perusahaan atau lembaga telah mempertimbangkan penggunaan internet sebagai salah satu strategi komunikasi PR.

Cyber publicrelation atau e-pr ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:
  1. Komunikasi yang terjadi konstan, hal ini dikarenakan internet selalu aktif 24 jam. Jadi bisa mencapai audiens kapan pun setiap waktu.
  2. respon yang cepat, komunikasi melalui internet terjadi dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu publik bisa dengan segera memberikan respon kepada e-pr.
  3. Interaktif, praktisi PR bisa segera memperoleh feedback langsung dari publik kapanpun dan dimanapun tanpa harus bertatap muka.
  4. Biaya lebih hemat, untuk mengkomunikasikan hal-hal yang berhubungan kepada publik, praktisi PR tidak membutuhkan biaya yang besar jika menggunakan internet. Semua hal bisa diupload dalam website dan semua orang bisa melihatnya, tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Namun, e-pr bukan lah tidak mempunyai kendala. Hal ini dikarenakan tidak semua publik mengerti internet. Jadi praktisi pr sebuah perusahaan atau organisasi tidak seharusnya hanya menggunakan e-pr. Bagaimanapun juga publik masih butuh komunikasi secara manual. Karena tidak semua tingkat pendidikan dan pengetahuan publik itu sama. Tidak ada salahnya mengembangkan komunikasi dengan memanfaatkan teknologi. Asalkan hal tersebut dilakukan secara tepat guna. Jadi e-pr sebagai inovasi baru komunikasi praktisi PR tetap baik untuk dilakukan.

source: http://azhariee.multiply.com/

1 komentar:

  1. Maaf Mba bukan bermaksud menggurui tapi ingin ngasih masukan, coba untuk warna dan jenis font-nya diganti. tampilan font dengan warna kuning dan background biru dan merah, terlihat kurang match menjadikan mata cepat lelah.

    BalasHapus