Public Relations atau PR, bekerja dengan menerapkan
fungsi-fungsi manajemen, karena PR adalah fungsi manajemen. PR sangat
dibutuhkan suatu perusahaan atau organisasi untuk menciptakan trust dimata
publik, baik itu publik internal maupun eksternal. Jadi PR harus berusaha
semaksimal mungkin menjembatani antara kepentingan perusahaan tersebut dengan
kepentingan publik.
Seorang PR diharapkan bisa melakukan pencitraan yang baik
dan mempertahankan citra tersebut. Jika perusahaan atau organisasinya
mendapatkan terpaan isu yang bisa sangat membahayakan, maka seorang PR harus
bisa mengatasinya dengan langkah-langkah yang tepat. PR tidak seharusnya
melawan isu-isu tersebut dan menyerang balik pihak yang menghadirkan isu.
Tetapi lebih tepat jika PR menggandeng pihak tersebut dan membicarakan
baik-baik solusi apa yang diinginkan kedua belah pihak. Dengan begini usaha
pencitraan seorang PR akan lebih efektif.
Banyak hal yang harus dilakukan seorang PR untuk strategi komunikasi. Saat ini yang sedang in dilakukan adalah melalui internet. hal ini dikenal dengan nama cyber public relation atau e-pr.
Kegiatan e-pr melalui internet antara lain komunikasi
melalui email, membuat website perusahaan, atau memasang iklan tentang
perusahaannya di situs-situs internet. Manfaat e-pr antara lain, dapat menjalin
hubungan yang baik dengan berbagai media melalui media center online, dapat
membangun digital brand images, dapat digunakan sebagai sarana komunikasi mitra
bisnis internasional dengan biaya yang relatif minim, hal ini tidak mudah
dilakukan di PR konvensional, feedback dapat langsung diperoleh dari publik,
dan dapat langsung memperoleh keinginan-keinginan publik tanpa harus menebak
dan melakukan riset.
Dalam era globalisasi sekarang ini internet sangat
berpengaruh dan memegang peranan penting di masyarakat. Oleh karena itu
strategi e-pr ini merupakan salah satu strategi yang efektif. Jadi banyak
praktisi PR, berbicara atas nama perusahaan atau lembaga telah mempertimbangkan
penggunaan internet sebagai salah satu strategi komunikasi PR.
Cyber publicrelation atau e-pr ini memiliki beberapa
keunggulan, diantaranya:
- Komunikasi yang terjadi konstan, hal ini dikarenakan internet selalu aktif 24 jam. Jadi bisa mencapai audiens kapan pun setiap waktu.
- respon yang cepat, komunikasi melalui internet terjadi dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu publik bisa dengan segera memberikan respon kepada e-pr.
- Interaktif, praktisi PR bisa segera memperoleh feedback langsung dari publik kapanpun dan dimanapun tanpa harus bertatap muka.
- Biaya lebih hemat, untuk mengkomunikasikan hal-hal yang berhubungan kepada publik, praktisi PR tidak membutuhkan biaya yang besar jika menggunakan internet. Semua hal bisa diupload dalam website dan semua orang bisa melihatnya, tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Namun, e-pr bukan lah tidak mempunyai kendala. Hal ini
dikarenakan tidak semua publik mengerti internet. Jadi praktisi pr sebuah
perusahaan atau organisasi tidak seharusnya hanya menggunakan e-pr. Bagaimanapun juga publik masih butuh komunikasi secara manual. Karena tidak
semua tingkat pendidikan dan pengetahuan publik itu sama. Tidak ada salahnya mengembangkan komunikasi dengan
memanfaatkan teknologi. Asalkan hal tersebut dilakukan secara tepat guna. Jadi
e-pr sebagai inovasi baru komunikasi praktisi PR tetap baik untuk dilakukan.
source: http://azhariee.multiply.com/
Maaf Mba bukan bermaksud menggurui tapi ingin ngasih masukan, coba untuk warna dan jenis font-nya diganti. tampilan font dengan warna kuning dan background biru dan merah, terlihat kurang match menjadikan mata cepat lelah.
BalasHapus