Mp3 Player

Senin, 14 November 2011

Citizen Jurnalisme


Citizen Jurnalisme  (juga dikenal sebagai "publik", "partisipatif", "demokratis","gerilya" atau "jalan jurnalisme") adalah konsep anggota masyarakat "memainkan peran aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, menganalisis dan menyebarluaskan berita dan informasi, "menurut laporan 2003 mani Kami Media:. Bagaimana Audiens Membentuk Masa Depan Berita dan Informasi Penulis Bowman dan Willis mengatakan: "Tujuan dari partisipasi ini adalah untuk menyediakan independen, dapat diandalkan, informasi yang akurat, luas dan relevan bahwa demokrasi membutuhkan. "
Jurnalisme warga tidak harus bingung dengan masyarakat jurnalistik atau jurnalisme sipil , yang dilakukan oleh jurnalis profesional, atau jurnalisme kolaboratif , yang dilakukan oleh jurnalis profesional dan non-profesional yang bekerja bersama-sama. Jurnalisme warga adalah bentuk khusus dari media warga serta user generated content .
Mark Glaser, jurnalis lepas yang sering menulis di media baru isu, mengatakan pada tahun 2006:
Ide di balik jurnalisme warga adalah bahwa orang tanpa pelatihan jurnalisme profesional dapat menggunakan alat-alat teknologi modern dan distribusi global dari internet untuk membuat, menambah atau memeriksa fakta media pada mereka sendiri atau bekerjasama dengan orang lain. Sebagai contoh, Anda mungkin menulis tentang sebuah pertemuan dewan kota di blog Anda atau di sebuah forum online. Atau Anda bisa memeriksa fakta sebuah artikel koran dari media mainstream dan menunjukkan kesalahan faktual atau bias di blog Anda. Atau Anda mungkin snap foto digital dari acara berita yang terjadi di kota Anda dan posting secara online. Atau Anda mungkin rekaman video acara serupa dan posting di situs seperti YouTube .

Dalam Apa itu Jurnalisme Partisipatif? JD Lasica mengklasifikasikan media untuk jurnalisme warga ke dalam jenis berikut:
·     Penonton partisipasi (seperti komentar pengguna melekat pada berita, pribadi blog, foto atau rekaman   video yang diambil dari pribadi kamera ponsel, atau berita lokal yang ditulis oleh penduduk dari suatu komunitas)
·        Independen berita dan Website informasi (Consumer Reports , dalam Drudge Report)
·        Penuh situs berita partisipatif (NowPublic, OhmyNews, DigitalJournal.com, Blottr.com, GroundReport)
·         Kolaboratif dan iuran situs media ( Slashdot , Kuro5hin , Newsvine )
·         Lain jenis "media yang tipis." (Mailing list, newsletter email)
·         Pribadi penyiaran situs (situs penyiaran video seperti KenRadio ).
Teori media baru Terry Flew menyatakan bahwa ada tiga unsur "penting untuk kebangkitan jurnalisme warga dan media warga": penerbitan terbuka, kolaboratif dan mengedit konten didistribusikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar